Monday, May 17, 2010

TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI (TAKS)







TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI

( TAKS )

A. Pengertian

Terapi aktivitas kelompok (TAK) sosialisasi ( TAKS ) adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan masalah hubungan sosial.

B. Tujuan

1. Umum

Klien dapat meningkatkan hubungan sosial dalam kelompok secara bertahap.

2. Tujuan Khusus

1) Klien mampu memperkenalkan diri

2) Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok

3) Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok

4) Klien mampu menyampaikan dan membicarakan topik percakapan

5) Klien mampu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi pada orang lain

6) Klien mampu bekerja sama dalam permainan sosialisasi kelompok

7) Klien mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan TAKS yang telah dilakukan

C. Aktivitas dan Indikasi

Aktivitas TAKS dilakukan 7 sesi yang melatih kemampuan sosialisasi klien

Klien yang mempunyai indikasi TAKS adalah klien gangguan hubungan sosial :

1. Klien menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal.

2. Klien kerusakan komunikasi verbal yang telah berespons sesuai dengan stimulus

SESSI 1 TAKS

A. Tujuan

Klien mampu memperkenalkan diri dengan menyebutkan : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi

B. Setting

1. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran

2. Ruangan nyaman dan tenang

C. Alat

1. Tape recorder

2. Kaset “Marilah kemari “ ( Titik Puspa )

3. Bola tenis

4. Buku catatan dan pulpen

5. Jadual kegiatan klien

D. Metode

1. Dinamika kelompok

2. Diskusi dan tanya jawab

3. Bermain peran / simulasi

E. Langkah-langkah kegiatan

1. Persiapan.

a. Memilih klien sesuai dengan indikasi, yaitu Isolasi sosial : Menarik diri

b. Membuat kontrak dengan klien

c. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

2. Orientasi

Pada tahap ini terapis melakukan

a. Memberi Salam terapeutik : Salam dari terapis

b. Evaluasi / Validasi : Menanyakan perasaan klien saat ini

c. Kontrak

1. Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu memperkenalkan diri

2. Menjelaskan aturan main berikut :

o Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok, harus meminta izin kepada terapis.

o Lama kegiatan 45 menit.

o Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.

3. Tahap kerja

a. Jelaskan kegiatan yaitu kaset pada tape recorder akan di hidupkan serta bola diedarkan berlawanan dengan arah jarum jam (yaitu kearah kiri) dan pada saat tape dimatikan maka anggota kelompok yang memegang bola memperkenalkan dirinya.

b. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.

c. Pada saat tape dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyebutkan : salam, nama lengkap, nama panggilan, hobi dan asal. Dimulai oleh terapis sebagai contoh.

d. Tulis nama panggilan pada kertas / name tag dan tempel / dipakai.

e. Ulangi b, c, dan d sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.

f. Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

  1. Tahap terminasi.

a. Evaluasi.

1. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK

2. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok

b. Rencana tindak lanjut

1. Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri kepada orang lain di kehidupan sehari-hari

2. Memasukkan kegiatan memperkenalkan diri pada jadual kegiatan harian klien.

c. Kontrak yang akan datang

1. Menyepakati kegiatan berikut, yaitu berkenalan dengan anggota kelompok

2. Menyepakati waktu dan tempat.

Evaluasi dan Dokumentasi

Evaluasi

Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja untuk menilai kemampuan klien melakukan TAK. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 1, dievaluasi kemapuan klien memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal dengan menggunakan formulir evaluasi berikut

SESI 1 – TAKS

KEMANPUAN MEMPERKANALKAN DIRI

A. Kemampuan Verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien

















1

Menyebutkan nama lengkap

















2

Menyebutkan nama panggilan

















3

Menyebutkan asal

















4

Menyebutkan hobi

















JUMLAH

















B. Kemampuan non verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien

















1

Kontak mata

















2

Duduk tegak

















3

Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai

















4

Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir

















JUMLAH

















Petunjuk :

1. Di bawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien yang ikut TAKS.

2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda P jika ditemukan pada klien atau tanda X jika tidak ditemukan.

3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai 3 atau 4 klien mampu, dan jika nilai 0, 1, atau 2 klien belum mampu.

SESI 2 : TAKS

A. Tujuan

Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok

a. Memperkenalkan diri sendiri : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi

b. Menanyakan diri anggota kelompok lain : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi

B. Setting

1. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran.

2. Ruangan nyaman dan tenang

C. Alat

1. Tape recorder

2. Kaset “Marilah kemari “ ( Titik Puspa )

3. Bola tenis

4. Buku catatan dan pulpen

5. Jadual kegiatan klien

D. Metode

1. Dinamika kelompok

2. Diskusi dan tanya jawab

3. Bermain peran / simulasi

E. Langkah-langkah kegiatan

1. Persiapan.

a. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada Sess 1 TAKS

b. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

2. Orientasi

a. Memberi salam terapeutik

1. Salam dari terapis.

2. Peserta dan terapis memakai papan nama.

b. Evaluasi / Validasi

1. Menanyakan perasaan klien saat ini

2. Menanyakan apakah telah mencoba memperkenalkan diri pada orang lain

c. Kontrak

1. Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu berkenalan dengan anggota kelompok

2. Menjelaskan aturan main berikut :

o Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok, harus meminta izin kepada terapis.

o Lama kegiatan 45 menit.

o Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.

3. Tahap kerja

b. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.

c. Pada saat tape dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk berkenalan dengan anggota kelompok yang ada di sebelah kanan dengan cara :

1. Memberi salam

2. Menyebutkan nama lengkap, nama panggilan asal, dan hobi.

3. Menanyakan nama lengkap, nama panggilan, asal, dan hobi.

4. Dimulai oleh terapis sebagai contoh.

d. Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.

e. Hidupkan kembali kaset pada tape recorder dan edarkan bola. Pada saat tape dimatikan, minta pada anggota kelompok yang memegang bola untuk memperkenalkan anggota kelompok yang disebelah kanannya kepada kelompok yaitu nama lengkap, nama panggilan, asal, dan hobi. Dimulai oleh terapis sebagai contoh.

f. Ulangi d sampai semua anggota mendapat giliran.

g. Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

4. Tahap terminasi.

a. Evaluasi.

1. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK

2. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok

b. Rencana tindak lanjut

1. Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih berkenalan dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari

2. Memasukkan kegiatan berkenalan pada jadual kegiatan harian klien

c. Kontrak yang akan datang

1. Menyepakati kegiatan berikut yaitu bercakap-cakap dengan orang lain dalam kelompok.

2. Menyepakati tempat dan waktu

Evaluasi dan Dokumentasi

Evaluasi

Evaluasi dilakukan ketika proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 2, dievaluasi kemampuan klien dalam berkenalan secara verbal dan nonverbal dengan menggunakan evaluasi berikut

SESSI 2 – TAKS

KEMANPUAN BERKENALAN

A. Kemampuan Verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien

















1

Menyebutkan nama lengkap

















2

Menyebutkan nama panggilan

















3

Menyebutkan asal

















4

Menyebutkan hobi

















5

Menanyakan nama lengkap

















6

Menanyakan nama panggilan

















7

Menanyakan asal

















8

Menanyakan hobi

















JUMLAH

















B. Kemampuan non verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien

















1

Kontak mata

















2

Duduk tegak

















3

Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai

















4

Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir

















JUMLAH

















Petunjuk :

1. Di bawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien yang ikut TAKS.

2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda P jika ditemukan pada klien atau tanda X jika tidak ditemukan.

3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan,

Kemampuan verbal, disebut mampu jika mendapat nilai ≥ 6 ; disebut belum mampu jika mendapat nilai ≤ 5.

SESI 3 : TAKS

A. Tujuan

Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok

1. Menanyakan kehidupan pribadi kepada satu orang anggota kelompok

2. Manjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi

B. Setting

1. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran

2. Ruangan nyaman dan tenang

C. Alat

1. Tape recorder

2. Kaset “Marilah kemari “ ( Titik Puspa )

3. Bola tenis

4. Buku catatan dan pulpen

5. Jadual kegiatan klien

D. Metode

1. Dinamika kelompok

2. Diskusi tanya jawab

3. Bermain peran / simulasi

E. Langkah-langkah kegiatan

1. Persiapan.

A. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada Sessi 2 TAKS

B. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

2. Orientasi

a. Salam terapeutik

Pada tahap ini terapis melakukan :

1. Memberi salam terapeutik

2. Peserta dan terapis memakai papan nama

b. Evaluasi / Validasi

1. Menanyakan perasaan klien saat ini

2. Menanyakan apakah telah mencoba berkenalan dengan orang lain

c. Kontrak

1. Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu bertanya dan menjawab tentang kehidupsn pribadi

2. Menjelaskan aturan main yaitu :

o Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok, harus meminta izin kepada terapis.

o Lama kegiatan 45 menit.

o Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.

3. Tahap kerja

a. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.

b. Pada saat tape dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk bertanya tentang kehidupan pribadi anggota kelompok yang ada di sebelah kanan dengan cara :

1. Memberi salam

2. Memanggil nama panggilan.

3. Menanyakan kehidupan pribadi : orang terdekat / dipercaya / disenangi, pekerjaan.

4. Dimulai oleh terapis sebagai contoh.

c. Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.

d. Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

4. Tahap terminasi.

a. Evaluasi.

1. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK

2. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok

b. Rencana tindak lanjut

1. Menganjurkan tiap anggota kelompok bercakap-cakap tentang kehidupan pribadi dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari

2. Memasukkan kegiatan bercakap-cakap pada jadual kegiatan harian klien.

c. Kontrak yang akan datang

1. Menyepakati kegiatan berikut yaitu menyampaikan dan membicarakan topik pembicaran tertentu

2. Menyepakati waktu dan tempat

Evaluasi dan Dokumentasi

Evaluasi

Evaluasi dilakukan ketika proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 3, dievaluasi kemampuan verbal dalam bertanya dan menjawab pada saat becakap-cakap serta kemampuan nonverbal dengan menggunakan evaluasi berikut

SESI 3 – TAKS

KEMANPUAN BERCAKAP-CAKAP

A. Kemampuan Verbal : Bertanya

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Mengajukan pertanyaan yang jelas





















2

Mengajukan pertanyaan yang ringkas





















3

Mengajukan pertanyaan yang relevan





















4

Mengajukan pertanyaan secara spontan





















JUMLAH





















B. Kemampuan Verbal : Menjawab

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Menjawab dengan jelas





















2

Menjawab dengan ringkas





















3

Menjawab dengan relevan





















4

Menjawab dengan spontan





















JUMLAH





















C. Kemampuan non verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Kontak mata





















2

Duduk tegak





















3

Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai





















4

Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir





















JUMLAH





















Petunjuk :

1. Di bawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien.

2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda P jika ditemukan pada klien atau tanda X jika tidak ditemukan.

3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3atau 4, klien mampu ; jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu.



SESSI 4 : TAKS

A. Tujuan

Klien mampu menyampaikan topik pembicaraan tertentu dengan anggota kelompok

1. Menyampaikan topik yang ingin dibicarakan.

2. Memilih topik yang ingin dibicarakan

3. Memberi pendapat tentang topik yang dipilih

B. Setting

1. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran.

2. Ruangan nyaman dan tenang

C. Alat

1. Tape recorder

2. Kaset “Marilah kemari “ ( Titik Puspa )

3. Bola tenis

4. Buku catatan dan pulpen

5. Jadual kegiatan klien

6. Flipehart / whitwboard dan spidol

D. Metode

1. Dinamika kelompok

2. Diskusi tanya jawab

3. Bermain peran / simulasi

E. Langkah-langkah kegiatan

1. Persiapan.

C. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada Sessi 3 TAKS

D. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

2. Orientasi

a. Salam terapeutik

Pada tahap ini terapis melakukan

    1. Memberikan salam terapeutik
    2. Peserta dan terapis memakai papan nama

b. Evaluasi / Validasi

1. Menanyakan perasaan klien saat ini

2. Menanyakan apakah telah latihan bercakap-cakap dengan orang lain

c. Kontrak

1. Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu menyampaikan, memilih, dan memberi pendapat tentang topik percakapan.

2. Menjelaskan aturan main berikut :

o Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok, harus minta ijin kepada terapis.

o Lama kegiatan 45 menit.

o Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.

3. Tahap kerja

a. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.

b. Pada saat tape dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu topik yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh terapis sebagai contoh. Misalnya : “Cara bicara yang baik” atau “Cara mencari teman”.

c. Tulis pada flipehart / whoteboard topik yang disampaikan secara berurutan.

d. Ulangi a, b dan c sampai semua anggota kelompok menyampaikan topik yang akan dibicarakan.

e. Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis. Pada saat dimatikan, anggota yang memegang bola memilih topik yang disukai untuk dibicarakan dari daftar yang ada.

f. Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih topik.

g. Terapis membantu menetapkan topik yang paling banyak dipilih.

h. Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis. Pada saat dimatikan, anggota yang memegang menyampaikan pendapat tentang topik yang pilih.

i. Ulangi h sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat.

j. Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

4. Tahap terminasi.

a. Evaluasi.

1. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK.

2. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok.

b. Rencana tindak lanjut

1. Menganjurkan setiap anggota kelompok bercakap-cakap tentang topik tertentu dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari

2. Memasukkan kegiatan bercakap-cakap pada jadual kegiatan harian klien.

c. Kontrak yang akan datang

1. Menyepakati kegiatan berikut, yaitu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi.

2. menyepakati waktu dan tempat.

Evaluasi dan Dokumentasi

Evaluasi

Evaluasi dilakukan ketika proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 4, dievaluasi kemampuan verbal menyampaikan, memilih, dan memberi pendapat tentang topik percakapan serta kemampuan nonverbal dengan menggunakan evaluasi berikut.

SESI 4 – TAKS

KEMANPUAN BERCAKAP - CAKAP TOPIK TERTENTU

A. Kemampuan Verbal : Menyampaikan topik

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Menyampaikan topik dengan jelas





















2

Menyampaikan topik secara ringkas





















3

Menyampaikan topik yang relevan





















4

Menyampaikan topik secara spontan





















JUMLAH





















B. Kemampuan verbal : Memilih topik

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Memilih topik dengan jelas





















2

Memilih topik secara ringkas





















3

Memilih topik yang relevan





















4

Memilih topik secara spontan





















JUMLAH





















C. Kemampuan Verbal : Memberi Pendapat

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Memberi pendapat dengan jelas





















2

Memberi pendapat secara singkat





















3

Memberi pendapat yang relevan





















4

Memberi pendapat secara spontan





















JUMLAH





















D. Kemampuan Non Verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Kontak mata





















2

Duduk tegak





















3

Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai





















4

Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir





















JUMLAH





















Petunjuk :

1. Di bawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien.

2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda P jika ditemukan pada klien atau tanda X jika tidak ditemukan.

3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4, klien mampu ; jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu

SESI 5 : TAKS

A. Tujuan

Klien mampu menyampikan dan membicarakan masalah pribadi dengan orang lain. sosialisasi kelompok.

a. Menyampaikan masalah pribadi

b. Memilih satu masalah untuk dibicarakan.

c. Memberi pendapat tentang masalah pribadi yang dipilih.

B. Setting

1. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran.

2. Ruangan nyaman dan tenang

C. Alat

1. Tape recorder

2. Kaset “Marilah kemari “ ( Titiek Puspa )

3. Bola tenis

4. Buku catatan dan pulpen

5. Jadual kegiatan klien

6. Flipchart / whiteboart dan spidol

D. Metode

1. Dinamika kelompok

2. Diskusi dan tanya jawab

3. Bermain kartu dalam kelompok

E. Langkah-langkah kegiatan

1. Persiapan.

a. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada Sessi 4 TAKS

b. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

2. Orientasi

a. Memberi salam terapeutik

a. Salam dari terapis

b. Klien dan terapis memakai papan nama

b. Evaluasi / Validasi

1. Menanyakan perasaan klien saat ini

2. Menanyakan apakah telah latihan bercakap-cakap tentang topik / hal tertentu dengan orang lain

c. Kontrak

1. Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu menyampaikan, memilih, dan memberi pendapat tentang masalah pribadi

2. Menjelaskan aturan main berikut :

o Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok, harus meminta ijin kepada terapis.

o Lama kegiatan 45 menit.

o Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.

3. Tahap kerja

a. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.

b. Pada saat tape dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu masalah pribadi yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh terapis sebagai contoh. Misalnya : “sulit bercerita” atau “tidak diperhatikan ayah / ibu / kakak / teman”.

c. Tuliskan pada flipchart / whiteboard masalah yang disampaikan.

d. Ulangi a, b dan c sampai semua anggota kelompok menyampaikan masalah yang ingin dibicarakan.

e. Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis. Pada saat dimatikan, anggota yang memegang bola memilih masalah yang ingin dibicarakan.

f. Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih masalah yang ingin dibicarakan.

g. Terapis membantu menetapkan topik yang paling banyak dipilih.

h. Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis. Pada saat dimatikan, anggota yang memegang menyampaikan pendapat tentang masalah yang pilih.

i. Ulangi h sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat.

j. Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan

4. Tahap terminasi

a. Evaluasi.

1. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK

2. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok

b. Rencana tindak lanjut

1. Menganjurkan tiap anggota kelompok bercakap-cakap tentang masalah pribadi dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari.

2. Memasukkan kegiatan bercakap-cakap tentang masalah pribadi pada jadwal kegiatan harian klien

c. Kontrak yang akan datang

1. Menyepakati kegiatan berikutnya yaitu kerja sama dalam kelompok..

2. Menyepakati tempat dan waktu

Evaluasi dan Dokumentasi

Evaluasi

Evaluasi dilakukan menggunakan formulir dibawah ini pada saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 5, dievaluasi kemampuan verbal menyampaikan, memilih, dan memberi pendapat tentang percakapan mengenai masalah pribadi, serta kemampuan nonverbal.

SESI 5 – TAKS

KEMANPUAN BERCAKAP - CAKAP MASALAH PRIBADI

A. Kemampuan Verbal : Menyampaikan topik

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Menyampaikan topik dengan jelas





















2

Menyampaikan topik secara ringkas





















3

Menyampaikan topik yang relevan





















4

Menyampaikan topik secara spontan





















JUMLAH





















B. Kemampuan verbal : Memilih topik

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Memilih topik dengan jelas





















2

Memilih topik secara ringkas





















3

Memilih topik yang relevan





















4

Memilih topik secara spontan





















JUMLAH





















C. Kemampuan Verbal : Memberi Pendapat tentang masalah

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Memberi pendapat dengan jelas





















2

Memberi pendapat secara singkat





















3

Memberi pendapat yang relevan





















4

Memberi pendapat secara spontan





















JUMLAH





















D. Kemampuan Non Verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Kontak mata





















2

Duduk tegak





















3

Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai





















4

Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir





















JUMLAH





















Petunjuk :

1. Di bawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien yang ikut TAKS.

2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda P jika ditemukan pada klien atau tanda X jika tidak ditemukan.

3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4, klien mampu ; jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu



SESI 6 : TAKS

A. Tujuan

Klien mampu bekerjasama dalam permainan sosialisasi kelompok.

1. Bertanya dan meminta sesuai kebutuhan pada orang lain.

2. Menjawab dan memberi pada orang lain sesuai dengan permintaan.

B. Setting

1. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran

2. Ruangan nyaman dan tenang.

C. Alat

1. Tape recorder

2. Kaset “Marilah kemari “ ( Titiek Puspa )

3. Bola tenis

4. Buku catatan dan pulpen

5. Jadual kegiatan klien

6. Kartu kwartet

D. Metode

1. Dinamika kelompok

2. Diskusi dan tanya jawab

3. Bermain kartu dalam kelompok

E. Langkah-langkah kegiatan

1. Persiapan.

a. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada Sessi 5 TAKS

b. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

2. Orientasi

a. Salam terapeutik

1. Salam dari terapis

2. Klien dan terapis memakai papan nama

b. Evaluasi / Validasi

1. Menanyakan perasaan klien saat ini

2. Menanyakan apakah telah latihan bercakap-cakap tentang masalah pribadi dengan orang lain

c. Kontrak

1. Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu dengan bertanya dan meminta kartru yang diperlukan serta menjawab dan memberi kartu pada anggota kelompok.

2. Menjelaskan aturan main berikut :

o Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok, harus meminta ijin kepada terapis.

o Lama kegiatan 45 menit.

o Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.

3. Tahap kerja

a. Terapis membagi 4 (empat) buah kartu kwartet untuk setiap anggota kelompok. Sisanya diletakkan di atas meja.

b. Terapis meminta tiap anggota kelompok menyusun kartu sesuai dengan seri (satu seri mempunyai 4 kartu)

c. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.

d. Pada saat tape dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola memulai permainan berikut :

1. Meminta kartu yang dibutuhkan (seri yang belum lengkap) kepada anggota kelompok di sebelah kanannya.

2. Jika kartu yang dipegang serinya lengkap, maka diumumkan pada kelompok dengan membaca judul dan sub judul.

3. Jika kartu yang dipegang serinya tak lengkap, maka diperkenankan mengambil satu kartu dari tumpukan kartu di atas meja.

4. Jika anggota kelompok memberikan kartu yang dipegang pada yang meminta maka ia berhak mengambil satu kartu dari tumpukan kartu di atas meja.

5. Setiap menerima kartu, diminta mengucapkan terima kasih.

e. Ulangi c, dan d jika d.2 atau d.3 terjadi.

f. Beri pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

4. Tahap terminasi.

a. Evaluasi.

1. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK

2. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok

b. Rencana tindak lanjut

1. Menganjurkan tiap anggota kelompok latihan bertanya, meminta, menjawab dan memberi pada kehidupan sehari-hari (kerja sama).

2. Memasukkan kegiatan bekerja sama pada jadwal kegiatan harian klien.

c. Kontrak yang akan datang

1. Menyepakati kegiatan berikutnya yaitu mengevaluasi kegiatan TAKS.

2. Menyepakati tempat dan waktu

Evaluasi dan Dokumentasi

Evaluasi

Evaluasi dilakukan menggunakan formulir dibawah ini pada saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 6, dievaluasi kemampuan verbal dalam bertanya, meminta, menjawab, dan memberi serta kemampuan nonverbal.

SESI 6 – TAKS

KEMAMPUAN BEKERJASAMA

A. Kemampuan Verbal :Bertanya dan meminta

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Bertanya dan meminta dengan jelas





















2

Bertanya dan meminta dengan ringkas





















3

Bertanya dan meminta secara relevan





















4

Bertanya dan meminta secara spontan





















JUMLAH





















B. Kemampuan Verbal : Menjawab dan memberi

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Menjawab dan memberi dengan jelas





















2

Menjawab dan memberi dengan ringkas





















3

Menjawab dan memberi secara relevan





















4

Menjawab dan memberi secara spontan





















JUMLAH





















C. Kemampuan Non Verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Kontak mata





















2

Duduk tegak





















3

Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai





















4

Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir





















JUMLAH





















Petunjuk :

1. Di bawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien yang ikut TAKS.

2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda P jika ditemukan pada klien atau tanda X jika tidak ditemukan.

3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4, klien mampu ; jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu



SESI 7 : TAKS

A. Tujuan

Klien mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan kelompok yang telah dilakukan.

B. Setting

1. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran.

2. Ruangan nyaman dan tenang

C. Alat

1. Tape recorder

2. Kaset “Marilah kemari “ ( Titiek Puspa )

3. Bola tenis

4. Buku catatan dan pulpen

5. Jadual kegiatan klien

D. Metode

1. Dinamika kelompok

2. Diskusi dan tanya jawab

E. Langkah-langkah kegiatan

1. Persiapan.

a. Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada Sessi 6 TAKS

b. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan

2. Orientasi

a. Salam terapeutik

1. Salam dari terapis

2. Klien dan terapis memakai papan nama

b. Evaluasi / Validasi

1. Menanyakan perasaan klien saat ini

2. Menanyakan apakah telah melakukan bekerja sama dengan orang lain

c. Kontrak

1. Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu menyampaikan manfaat eman kali pertemuan TAKS.

2. Menjelaskan aturan main berikut :

o Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok, harus meminta ijin kepada terapis.

o Lama kegiatan 45 menit.

o Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.

3. Tahap kerja

a. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.

b. Pada saat tape dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat kesempatan menyampaikan pendapat tentang manfaat dari 6 (enam) kali pertemuan yang telah berlalu.

c. Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok menyampikan pendapat.

d. Berikan pujian untuk tiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

3. Tahap terminasi.

a. Evaluasi.

1. Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK

2. Memberi pujian atas keberhasilan kelompok

3. Menyimpulkan 6 kemampuan pada 6 kali pertemuan yang lalu

b. Rencana tindak lanjut

1. Menganjurkan tiap anggota kelompok tetap melatih diri untuk enam kemampuan yang telah dimiliki, baik di RS maupun di rumah.

2. Melakukan pendidikan kesehatan pada keluarga untuk meberi dukungan pada klien dalam menjalankan kegiatan hidup sehari-hari.

c. Kontrak yang akan datang

Menyepakati rencana evaluasi kemampuan secara periodik

Evaluasi dan Dokumentasi

Evaluasi

Evaluasi dilakukan dengan menggunakan formulir dibawah ini pada saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 7, dievaluasi kemampuan klien menyampikan manfaat TAKS yang telah berlangsung 6 sesi secara verbal dan disertai kemampuan nonverbal

SESI 7 – TAKS

EVALUASI KEMAMPUAN SOSIALISASI

A. Kemampuan Verbal :Menyebutkan manfaat enam kali TAKS

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Menyebutkan manfaat secara jelas





















2

Menyebutkan manfaat secara ringkas





















3

Menyebutkan manfaat yang relevan





















4

Menyebutkan manfaat secara spontan





















JUMLAH





















B. Kemampuan Non Verbal

No

ASPEK YANG DINILAI

Nama Klien





















1

Kontak mata





















2

Duduk tegak





















3

Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai





















4

Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir





















JUMLAH





















Petunjuk :

1. Di bawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien yang ikut TAKS.

2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda P jika ditemukan pada klien atau tanda X jika tidak ditemukan.

3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan. Jika mendapat nilai 3 atau 4, klien mampu ; jika nilai ≤ 2 klien dianggap belum mampu

No comments:

Post a Comment