Friday, October 1, 2010

Periode Perkembangan Sumber Daya Kesehatan

Periode perkembangan sumber daya kesehatan (1900-1960)
Banyak pertumbuhan dan perkembangan berlangsu selama jangka waktu 60 tahun mulai 1900 sampai 1960. karena pesatnya pertumbuhan fasilitas dan penyelenggara layanan kesehatan periode ini dinamakan periode perkembangan sumber daya kesehatan.

Periode rekayasa social (1960-1973)
Tahun 1960 –an menandai awal suatu periode dengan pemerintah federal yang sekali lagi mulai aktif dalam menangani masalah kesehatan. Alas an utama keterlibatan ini adalah tumbuhnya kesadaranbahwa masih banyak penduduk amerika yang belum menikmati manfaat yng di dapat dari 60 tahun kemajuan bidang kedokteran. Penduduk amerika ini yang kebanyakan miskin atau sudah tua, tinggal didaerah yang miskin atau tidak mampu membayar tagihan layanan medis.

Pada tahun 1965, kongres mensahkan Medicare dan Medicaid bills. Medicare membantu dalam pembayaran tagihan medis untuk lansia dan orang – orang tertentu yang menderita disabilities, dan Medicaid membantu pembayaran tagihan medis untuk orang miskin. Peraturan ini membantu memberikan layanan medis bagi jutaan orang yang mungkin tidak mendapatkannya dan peraturan ini juga memperbaiki standart – standart yang ada dalam fasilitas layanan kesehatan. Sayangnya, pemasukan dolar federal yang besar mempercepat laju peningkatan biaya layanan kesehatan bagi setiap orang. Akibatnya, upaya berulang yang dilakukan pada tahun 1970-an, 1980-an, dan 1990-an gagal mengendalikan biaya layanan kesehatan yang semakin besar.

Periode promosi kesehatan (1974 – sekarang)
sampai pertengahan 1970-an, tampak jelas bahwa kemungkinan terbesar untuk menyelamatkan kehidupan dan menurunkan biaya layanan kesehatan di amerika dapat di capai tanpa harus melalui layanan kesehatan.

Di akhir tahun 1970-an
melakukan penelitian tentang kematian dini(sebelum usia 75 tahun) di amerika serikat pada tahun 1977. hasilnya mengungkap bahwa 48 % kasus kematian dini dapat di telusuri penyebabnya dari gaya hidup seseorang sampai perilaku kesehatannya. Gaya hidup yang bercirikan kurangnya olahraga, diet yangtidak sehat, merokok, hipertensi tak terkendali dan ketidakmampuan mengendalikan stress, merupakan factor penyebab kematian dini. Hal ini memberikan jalan untuk publikasi pemerintah AS, Healthy people:The surgeon general’s report on health promotion and disease prevention. Dokumen ini menyatukan segala sesuatu yang telah dietahui tentang hubungan perilaku personal dan status kesehatan. Dokumen tersebut juga membuat model ” tanggung jawab personal” yang membekali penduduk amerika resep untuk mengurangi resiko kesehatan mereka dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

Healthy people ini kemudian diikuti dengan dikeluarkannya kumpulan pertama tujuan dan sasaran kesehatan tingkat nasional yang disebut promoting health/preventing diseas:objectives for the nation. Sasaran dan tujuan khusus itu , sekarang dalam edisi ketiganya disebut Healthy people 2010, telah menetapkan agenda kesehatan nasional dan mengarahkan kebijakan kesehatannya sejak pembentukannya. Selain itu, tujuan dan sasaran itu sebagian juga menjaga agar pentingnya kesehatan yangbaik dapat dilihat oleh seluruh penduduk amerika.

Kesehatan masyarakat awal tahun 2000-an
Di awal milenium baru, telah disepakati bahwa walau keputusan mengenai kesehatan sampai tingkatan tertentu merupakan tanggung jawab perseorangan, masyarakat juga berkewajiban untuk mewujudkan lingkungan yang memungkinkan dan mendukung pencapaian hidup sehat. Lagipula, banyak yang menyadari bahwa segmen tertentu penduduk AS yangangka kasus penyakit dan angka kematiannya melebihi angka yang ada pada penduduk secara keseluruhan mungkin memerlukan sumber daya tambahan, termasuk pendidikan, untuk mencapai kesehatan yang baik.

Penduduk amerika berhadapan dengan sejumlah masalah kesehatan masyarakat yang serius. Masalah ini mencakup meningkatnya biaya layanan kesehatan, meningkatnya keprihatinan lingkungan, penyakit terkait gaya hidup sekarang, kemunculan dan kebangkitan kembali penyakit menular, dan masalah penyalahgunaan obat yang serius

a) Pemberian layanan kesehatan
Pemberian layanan kesehatan tetap menjadi satu – satunya tantangan terbesar kesehatan masyarakat di AS. Tingginya biaya layanan kesehatan berdampak pada ekonomi amerika. Walau laju pertambahan tahunan dalam anggaran belanja kesehatan nasional AS melambat selama akhir 1990-an akibat kemajuan managed care,amerika serikat masih menghabiskan lebih banyak uang untuk layanan kesehatan dari pada negara industri yang lain.

b) Masalah lingkungan
Jutaan orang amerika hidup dalam komunitas yang udaranya tidak aman unutk dihirup, airnya tidak aman untuk diminum atau limbah padatnya dibuang secara tidak tepat. Dengan beberapa perkecualian, tingkat pencemaran yang kita bebankan pada lingkungan semakin meningkat.

c) Penyakit terkait gaya hidup
Penyebab kematian utama di amerika serikat saat ini bukan penyakit menular yang diikuti 100 tahun lalu, tetapi penyakit kronis akibat gaya hidup pilihan yang tidak bijak. Empat penyebab utama kematian di awal tahun 2000-an aadalah serangan jantung, kanker, stroke,dan penyakit paru obstruksi kronis.

d) Penyakit menular
Walau penyakit menular bukan lagi penyebab utama kematian di AS, penyakit itu masih menjadi alasan utama hari – hari absen disekolah atau di kantor. Kesuksesan dalam mengurangi sifat yang mengancam dari penyakit tersebut telah membuat banyak orang amerika cukup puas dengan melakukan vaksinasi atau cara pencegahan lain penyakit ini. Dengan pengecualian cacar, tidak ada satupun penyakit tersebut yang dimusnahkan, walaupun beberapa diantaranya memang harus dimusnahkan, misalnya campak.

e) Penyalahgunaan alcohol dan obat – obatan lain
Penyalahgunaan obat – obatan legal atau ilegal menjadi masalah nasional yang mengorbankan ribuan jiwa dan jutaan dollar setiap tahunnya. Alkohol dan obat – obatan lainnya sering dikaitkan dengan kasus cedera tak disengaja, kekerasan rumah tangga dan kasus tindak kejahatan. Pemerintah federal, negara bagian, dan pemerintah lokal juga lembaga – lembaga swasta berusaha mengatasi masalah persediaan dan permintaan yang berkaitan dengan penyalahgunaan alkohol dan obat – obatan, tetapi tantangan yang besar masih ada bagi amerika.

• Pandangan kesehatan masyarakat di abad ke – 21
Sejauh ini kita telah membahas kesehatan masyarakat, masa lalu dan saat ini. Sekarang kitaakan membahas harapan yang ingin dicapai tokoh kesehatan masyarakat di amerika serikat dan di negara lainnya di tahun – tahun mendatang.

Tokoh kesehatan dunia mengenali kebutuhan akan rencana untuk abad ke-21 dalam world health assembly of the word health organitation (WHO) ke- 30 yang diselenggarakan pada tahun 1977. dalam pertemuan tersebut, delegasi dari seluruh Negara di dunia menentukan target “ bahwa derajat kesehatan yang harus dicapai pada pergantian abad haruslah derajat yang memungkinkan semua penduduk untuk dapat menjalani kehidupan produktif baik secara social maupun ekonomis”. Sasaran ini kemudian dikenal sebagai ”health for all by the year 2000”. Ditahun berikutnya di alma – ata, USSR, konferensi internasional WHO/UNICEF, menetapkan declaration on primary health care sebagai kunci untuk mencapai tujuan dari ”health for all by the year 2000”.

Seperti yang saat ini kita ketahui, tujuan besar dari kesehatan untuk semua di seluruh dunia tahun 2000 tidak tercapai, walau langkah besar ini telah dilaksanakan di seluruh dunia, masih banyak orang di seluruh dunia yangtidak memiliki kesehatan yang baik. Tantangan abad ke – 21 yang perlu diatasi guna meningkatkan kesehatan dunia meliputi :

1) Melakukan penurunan besar pada tingginya angka kematian dan kesakitan yang diderita kaum miskin. Ini berarti mengubah cara yang dilakukan pemerintah di seluruh dunia dalam menggunakan sumber dayanya. Ini juga berarti berfokus pada intervensi yang memungkinkan tercapainya manfaat kesehatan paling besar dengan sumber daya yang tersedia sehingga penyakit yang banyak menyerang kaum miskin, misalnya tuberkolosis, malaria, HIV/AIDS tidak begitu menjadi beban.

2) Menghadapi ancaman yang membahayakan kesehatan akibat krisis ekonomi, lingkungan tidak sehat atau perilaku yang beresiko. Pertumbuhan ekonomi yang stabil di seluruh dunia, lingkungan dengan udara dan air yang bersih, sanitasi yang adekuat, diet yang sehat, tramsportasi yang aman, dan mengurangi perilaku beresiko, misalnya konsumsi tembakau, akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mewujudkan dunia yang lebih sehat.

3) Membangun sistem kesehatan yang efektif. Sasaran system ini harus dapat meningkatkan status kesehatan, mengurangi ketidaksetaraan dalam kesehatan, mempertajam kepekaan terhadap harapan yang legal, meningkatkan efisiensi, melindungi masyarakat dari kerugian keuangan, dan mempertajam keadilan dalam keuangan dan pembagian layanan kesehatan.

4) Turut terlibat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Peningkatan ilmu pengetahuan di abad ke -20 memang memberikan kemajuan yang pesat dalam kesehatan. Pencarian ilmu pengetahuan baru harus dilanjutkan karena dapat menguntungkan manusia. Dua bidang yang memerlukan perhatian khusus adalah penyakit infeksius yang sangat mempengaruhi penduduk miskin dan informasi yang membantu membentuk sistem kesehatan masa mendatang.

b) Rencana amerika serikat untuk abad ke-21
Selain partisipasinya di dalam rencana WHO untuk abad ke – 21, amerika serikat juga telah menyusun rencananya sendiri. Amerika serikat telah memutuskan untuk membangun proses perencanaannya dalam tahapan 10 tahunan. Rencana saat ini disebut healthy people 2010.
Kerangka kerja untuk healthy people 2010. berkisasr pada visi “ healthy people in healthy communities”, pernyataan ini mengakui bahwa tujuan umum dan tujuan khusus tidak dapat dengan sendirinya meningkatkan status kesehatan nasional, tetapi harus dikenali sebagai bagian dari suatu metode sistematis yang lebih besar untuk meningkatkan kesehatan.

Tujuan umum kesehatan jangka panjang nasional yang diajukan dalam healthy people 2010. adalah :
1) Meningkatkan mutu dan lama hidup yang sehat.
2) Menghilangkan kesenjangan kesehatan (perbedaan angka kasus penyakit dan kematian antar sub kelompok ras dan etnik).

Tujuan pertama merupakan kelanjutan tujuan tahun 2000, sementara yang kedua memperkuat tujuan sebelumnya dengan menggunakan kata – kata ” menghilangkan kesenjangan kesehatan” bukan penggunaan kata sebelumnya ”mengurangi kesenjangan kesehatan”. Kemajuan amerika serikat dalam mencapai tujuan ini akan dipantau melalui 467 tujuan khusus dalam 28 bidang fokus. Tidak seperti dokumen healthy people yang lama, ada dua tipe tujuan khusus dapat diukur dan dikembangkan. Tujuan khusus yang dapat diukur adalah yang memiliki dasar data yang valid dan reliabel sehingga tujuan khusus 2010 dapat disusun. Tujuan khusus ini memberikan arah untuk pelaksanakan tindakan. Tujuan khusus yang dapat dikembangkan adalah tujuan yang memberikan visi berkaitan dengan hasil akhir atau status kesehatan yang diinginkan. Saat ini, belum ada sistem surveilens yang memberikan data mengenai tujuan khusus itu. Dengan begitu, tujuan khusus tahun 2010 belum dapat ditetapkan.

2 comments:

  1. kunjungi blog saya,,, maaf agak spam

    ReplyDelete
  2. Thanks buat infonya kalo mau sekedar berkunjung, ditunggu ke blog saya ya..

    ReplyDelete